Merupakan salah satu program studi yang ada di dalam Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Agung didirikan pada tanggal 27 Juli 2008.

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai 2 (dua) konsentrasi studi yaitu:

  • Marketing Communication , yang khusus mempelajari tentang keilmuan komunikasi di bidang marketing /pemasaran
  • Broadcasting Journalism yang khusus mempelajari keilmuan komunikasi dibidang broadcasting/penyiaran dan jurnalistik

Mahasiswa Prodi Ilmu komunikasi Unissula dibekali dengan  pendidikan dengan kurikulum  untuk mengarahkan lulusannya  mempunyai ilmu pengetahuan dan skill dalam bidang komunikasi yang sangat dibutuhkan dalam  dunia industri era 4.0 dan menyongsong era industri 5.0, namun tanpa melupakan nilai – nilai Islam. Untuk mencapai hal tersebut dalam perkuliahannya selain mendapatkan teori, mahasiswa juga dibekali dengan praktek – praktek komunikasi yang sesuai dengan konsentrasi studinya, studi langsung ke industri komunikasi maupun magang di industri komunikasi, baik lokal maupun nasional.

Sebagai Program Studi Ilmu Komunikasi terkemuka di Indonesia pada tahun 2025 yang mengembangkan pendidikan ilmu komunikasi atas dasar nilai-nilai Islam dalam kerangka rahmatan lil ‘alamin.
  1. Mengajarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terkini di bidang komunikasi atas dasar-dasar nilai Islam.
  2. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang Islami di bidang komunikasi dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran di bidang komunikasi.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang ilmu komunikasi guna turut serta dalam membangun masyarakat.
  1. Mengembangkan gagasan, dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakukan perbaikan kelembagaan, keilmuan sesuai dengan pengembangan Iptek dan perkembangan masyarakat atas dasar-dasar nilai Islam.
  1. Terselenggaranya proses pengajaran dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terkini di bidang komunikasi atas dasar-dasar nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  2. Menghasilkan peserta didik yang berakhlak Islam, dengan kualitas kecendikiawanan,kepakaran di bidang komunikasi, memiliki jiwa enterpreneur, mandiri, inovatif, menguasai teknologi informasi, bahasa Inggris dan atau bahasa Arab.
  3. Terwujudnya studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman dan bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan.
  5. Terselenggaranya proses yang konsisten penyempurnaan kelembagaan dan keilmuan sejalan dengan perkembangan Iptek, evaluasi diri, dan dinamika, perkembangan masyarakat.
  1.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Insani (dosen, tenaga administrasi dan penunjang akademik), sehingga mampu mendukung proses pembelajaran dengan baik. Hal ini ditempuh dengan meningkatkan pendidikan dosen ke jenjang S 3, menyertakan dosen dalam berbagai seminar, kursus, pelatihan dan sertifikasi kompetensi yang relevan. Tenaga kependidikan juga diarahkan untuk meningkatkan kemampuan melalui beragam pelatihan baik formal maupun non formal.
  2. Mewujudkan lulusan yang memiliki jiwa enterpreneur, mandiri, inovatif dan kemanfaatan bagi masyarakat. Hal ini nampak dari susunan kurikulum yang mewadahi kepentingan tersebut. Selain itu mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan kemampuan melalui beragam kegiatan praktek yang menunjang.
  3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui perencanaan pengajaran, evaluasi proses pembelajaran dan pelatihan. Perencanaan awal semester, evaluasi dari gugus penjaminan mutu dilaksanakan secara konsisten untuk mendukung kualitas pembelajaran
  4. Menyediakan kurikulum yang relevan dan memiliki kompetensi tinggi terhadap kebutuhanpembangunan nasional. Untuk menjaga kualitas dan relevansi kurikulum dilakukan peninjauan kurikulum secara berkala setiap tahun
  5. Meningkatkan fasilitas pembelajaran dalam upaya mendukung proses pembelajaran.
  6. Membangun komitmen prestasi, berbudaya ISlami, disiplin kerja yang muncul melalui beragam kegiatan seperti tilawah rutin, khotmil Qur’an, partisipasi dalam beragam kompetisi, aturan kedisiplinan.
Kode Rumusan Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
PL1 Communication Consultan Mampu secara mandiri melakukan perencanaan, pengelolaan, monitoring dan evaluasi program komunikasi suatu lembaga atau proyek.
PL2 Communication Researcher Peneliti pemula di bidang komunikasi baik dalam kajian Ilmu Komunikasi maupun Komunikasi Terapan dan interdisipliner
PL3 Digital Communication Practitioner Bertanggung jawab membuat, melaksanakan dan mengelola pesan dan kegiatan komunikasi secara digital
PL4 Broadcaster (TV, Radio, Online) Bertanggung jawab atas pengelolaan teknis program acara siaran berita maupun non berita di media elektronik dan online.
PL5 Journalist Mampu melakukan (proses) kegiatan jurnalistik sepcrti mencari,menulis, menganalisis dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik, secara teratur dengan memperhatikan kaidah, norma, etika dan hukum yang berlaku pada media konvensional maupun konvergens
PL6 Communication Startegic Practitioner Mampu melakukan analisa, perencanaan. pengelolaan, hingga melakukan komunikasi strategis dalam hal marketing, periklanan dan kehumasan.
PL7 Event Program Management Bertanggung jawab atas pengelolaan teknis acara Meeting, Incentive, Convention and Exhibitions (MICE)
PL8 Public Speaker Bertanggung jawab atas pengelolaan teknis komunikasi public, yaitu terkait pidato, presentasi, MC dan protokoler baik secara profesional dan wirausaha
AKREDITASI

Terakreditasi Nasional :  B ( BAN-PT)

GELAR SARJANA

S.I.Kom (Sarjana Ilmu Komunikasi)

KOSENTRASI
  • Marketing Comunication
  • Broadcasting Journalism
MASA STUDI

8 Semester

Translate »